Jumat, 26 April 2013

TANDA KECAKAPAN UMUM (TKU)

Tanda Kecakapan Umum adalah sebuah tanda yang bisa kita dapat melalui pengujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) yg meliputi pengetahuan kepramukaan, pengetahuan umum, olahraga, keagamaan, kemasyarakatan, dan banyak lagi yg lainnya. Memiliki TKU merupakan salah satu syarat untuk menjadi seorang Pramuka Garuda. TKU ini tidak hanya sal tempel, kita juga harus bisa mempertanggung jawabkannya.

TKU Golongan Penggalang berbentuk seperti huruf "V" dengan ukuran sisi pendek 1,3 cm dan sisi panjang kaki 4,5 cm, dan kedua kaki itu membentuk sudut 120˚, berwarna dasar merah. Sisi panjang kaki-kaki huruf “V” itu lurus. Di dalam kedua kaki huruf “V” itu terdapat gambar mayang terurai (bertangkai bunga tiga buah) dan berwarna putih, yang menggambarkan bunga yang sudah mulai berkembang, indah dan menarik, mengibaratkan Pramuka Penggalang yang riang, lincah dan bersikap menarik, sebagai calon tunas bangsa yang sedang berkembang, menggladi dirinya dengan jiwa Pramuka yang berlandaskan pada Trisatya dan Dasadharma. Mayang terurai yang mekar ke samping, mengibaratkan makin terbukanya pandangan Pramuka Penggalang, dan menerima pengaruh yang baik dari lingkungan sekitarnya.



TKU Golongan Penggalang ada 3 tingkatan, yaitu :

1. RAMU


Tingatan Ramu memiliki makna kias, yaitu seorang anggota Pramuka tingkat Penggalang Ramu, harus bisa MERAMU pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan sebagai pengalaman untuk bekal hidupnya di masa mendatang.

2. RAKIT


Mempunyai makna kias seorang anggota Pramuka tingkat Penggalang Rakit, harus bisa MERAKIT pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan yang diperolehnya saat menjadi Penggalang RAMU sebagai pengalaman untuk bekal hidupnya di masa mendatang.
3. TERAP
Maknanya, seorang anggota Pramuka tingkat Penggalang Terap, harus bisa MENERAPKAN pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan yang diperolehnya saat menjadi Penggalang RAMU dan Panggalang RAKIT dalam lingkungan keluarga dan sekolah (khususnya) ataupun lingkungan masyarakat (umumnya) sebagai pengalaman untuk bekal hidupnya di masa mendatang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar